Rabu, 30 April 2008

2 KUMPULAN CERPEN RENDRA
























Kali ini Burungmerak Press menerbitkan kumpulan cerpen Rendra. Banyak yang tidak menyangka kalau Rendra pernah produktif menulis cerpen. Cerpen-cerpen tersebut ditulis kira-kira separuh abad yang lalu.

Membaca cerpen Rendra tidak hanya membaca suasana dan ide cerita yang disuguhkan. Suasana dan ide cerita itu selalu menarik, sebab kita tahu Rendra memang seorang dramawan yang pasti terbiasa menggarap elemen tersebut. Tetapi lebih dari itu, dengan membaca cerpennya kita bisa pula merunut bagaimana seorang Rendra memahami lika-liku kepribadian manusia, dengan bahasanya yang unik dan segar.

Perbedaan membaca cerpen Rendra dengan membaca puisinya adalah, dalam membaca cerpen Rendra sesekali kita bisa mengintip sisi lain seorang Rendra dari perspektif sehari-hari yang lugas, nakal, bahkan lucu. Sisi yang kita tidak bisa menemukan ketika membaca puisi-puisinya.

Ada dua kumpulan. Kumpulan yang pertama Ia Sudah Bertualang (cerpen-cerpen antara tahun 1954-1957). Seno Gumira Aji Darma, seorang cerpenis terkemuka saat ini, memberikan catatannya di akhir buku.

Yang ke dua kami himpun dalam Kenang-kenangan Seorang Wanita Pemalu (cerpen-cerpen antara tahun 1954-1961). Pengantar ditulis oleh Binhad Nurrohmat.

Judul : Ia Sudah Bertualang

Penulis : Rendra

Penerbit : Burungmerak Press 2007

Ukuran/hal : 14.5 X 20 cm / 122 halaman

Harga : (…)


Judul : Kenang-kenangan Seorang Wanita Pemalu

Penulis : Rendra

Penerbit : Burungmerak Press 2007

Ukuran/hal : 14.5 X 202 cm / 176 halaman

Harga : (…)

1 komentar:

Peluang bisnis dan usaha mengatakan...

mau tanya.
kalau mau beli kumpulan ceroen rendra gmn caranya?